Jumat, 08 April 2011

BELAJAR DARI HEWAN: LOVEBIRD YANG SALING MENGASIHI


Lovebird adalah burung yang berasal dari Afrika dan Madagaskar. Dia termasuk dalam genus agapornis (agape berarti cinta dan ornis berarti burung). Ada 9 jenis Lovebird satu jenis dari Madagaskar yaitu Madagascar Lovebird (Agapornis Cana) dan 8 jenis dari Afrika yaitu Red Face Lovebird (Agapornis Pullaria), Abyssinia Lovebird (Agapornis Taranta), Swidern’s Lovebird (Agapornis Swinderniana) ini termasuk yang langka, Peach Face Lovebird (Agapornis Roseicollis), Nyasa Lovebird (Agapornis Lilianae), Black-checked Lovebird (Agapornis Nigrigenis), Fischer Lovebird (Agapornis Fischeri) dan Masked Lovebird (Agapornis Personata). Lovebird termasuk keluarga burung berparuh bengkok yang memakan biji-bijian dan sayuran. Burung kecil ini dinamai Lovebird sebab termasuk hewan yang hidup monogami di alam bebas dan setiap saat tampak saling bercumbu mesra.

Pada jaman ini tingkat perceraian sangat tinggi. Data di kantor urusan agama beberapa kabupaten menunjukkan peningkatan angka perceraian yang sangat tinggi. Menurut data departemen agama tingkat perceraian di seluruh Indonesia setiap tahun naik rata-rata 10%. Belum dihitung yang masih dalam proses di pengadilan atau pisah ranjang yang masih belum dimasukkan dalam hitungan. Ada aneka alasan yang membuat orang memutuskan bercerai. Di kabupaten Sumenep sejak Januari hingga Februari 2010 sudah ada 248 orang yang cerai. Hal yang mengejutkan penyebab perceraian sebagian besar karena HP. Abdullah Cholil, Ketua PA Sumenep, mengatakan bahwa HP mempermudah orang untuk selingkuh sehingga terjadi perceraian. Menurut survey Akademi Pengacara Perkawinan Amerika (AAML) yang dirilis pada Februari 2010 meningkatkanya kasus perceraian disebabkan oleh facebook, twiter dan sebagainya. Angka perceraian yang disebabkan oleh facebook mencapai 66% sedangkan 15 % akibat Myspace dan 5% akibat Twiter. Kenneth Altshuller, wakil presiden AAML menyarakan kliennya untuk menutup akun facebooknya. Maka tidak mengherankan bila ada beberapa negara yang mengharamkan facebook sebab dianggap sebagai penghancur rumah tangga.

Tapi kita tidak dapat mempersalahkan alat atau tehnologi, sebab semua itu hanyalah sarana yang tergantung dari penggunanya. Penyebab perceraian dimulai dari krisis kasih dalam kehidupan rumah tangga lalu orang mencari di luar rumahnya melalui HP dan jejaring sosial lain. Bila di dalam rumah tangganya orang sudah mendapatkan kehangatan kasih dan kemesraan dari pasangannya maka meski mempunyai HP dan menjadi anggota jejaring sosial, mereka tetap akan mempertahankan rumah tangganya. Ada berbagai penyebab terjadinya krisis kasih dalam rumah tangga misalnya kesibukan pekerjaan dan kurangnya memahami satu dengan yang lain.

Kita dapat belajar dari Lovebird yang setiap saat selalu mengungkapkan kasihnya pada pasangannya. Terkadang kita lupa untuk mengungkapkan kasih sehingga semakin lama hidup perkawinan semakin hambar. Ungkapan kasih tidak perlu secara berlebihan tapi bisa dilakukan dalam hal-hal sederhana misalnya dengan pujian kecil, perhatian, hadiah sederhana, ucapan kasih dan sebagainya. Krisis kasih tidak hanya melanda suami istri melainkan juga terjadi antar saudara atau orang tua dan anak-anaknya. Bahkan krisis kasih ini merupakan bentuk kemiskinan yang jauh lebih parah dibanding kemiskinan akibat kekurangan materi, sebab kemiskinan ini melanda banyak orang dari berbagai kalangan entah kaya atau miskin materi.

Kita memang tidak dapat seperti Lovebird yang kemana-mana selalu berdua. Tapi kita tetap dapat menyatu dengan orang yang kita kasihi bila kita menghidupkan atau membawa orang yang kita kasihi dalam hidup kita. Kita akan terus merasa dekat meski tubuh kita berjauhan. Bila orang yang kita kasihi hidup dalam diri kita maka kita akan berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. Menghindari larangannya dan melakukan kehendaknya. Semua ini hanya akan dapat terjadi bila ada kasih yang besar di dalam hati kita. Kasih yang hidup, sebab bukan lagi aku yang hidup tapi dia hidup di dalamku.

0 komentar:

Posting Komentar