Rabu, 18 November 2009

21-12-2012


Akhir-akhir ini banyak orang membicarakan soal hari kiamat yang akan terjadi pada 21-12-2012. Salah satu pemicunya adalah film "2012" yang dibintangi oleh John Cusack. Film yang ditayangkan pertama kali pada 11 November lalu telah menjadi box office yang hanya dalam waktu singkat sudah meraup $ 230.4 juta. Sebuah angka yang sangat fantastis. Jauh melebihi film "This Is It" nya Michael Jackson yang hanya meraup $ 5.1 juta. USA Today, sebuah koran di AS menulis tentang film itu “The movie is an undeniable visual spectacle, but just as unequivocally a cheesy, ridiculous story.”

Di toko buku pun saya melihat beberapa buku yang membahas hal yang sama. Saya membeli yang berjudul “Kiamat 2012” karangan Lawrence E Joseph. Baik film 2012 atau tulisan Lawrence meramal kiamat berdasarkan kepercayaan bangsa Maya, satu suku Indian kuno. Menurut kepercayaan bangsa Maya, saat ini adalah jaman keempat yang dimulai pada 13-8-3114 SM yang dianggap sebagai hari pertama atau 0.0.0.0.1 dan akan berakhir pada 21-12-2012 atau 13.0.0.0.0. Setelah itu bumi akan memasuki jaman baru. Menurut perhitungan astronomi mereka tanggal 21-12-2012 jam 11.11 malam matahari tepat berada di lubang atau pusat Bima Sakti, yang dianggap sebagai rahim dari planet-planet, sehingga menggangu pancaran energi ke bumi. Hal ini merupakan kejadian yang akan berulang setiap 2600 tahun sekali. Ganguan pancaran energi dari pusat Bima Sakti itu akan mengakibatkan guncangan di bumi.

Pada tahun 1976 juga sudah dibicarakan kiamat yang akan terjadi pada 2012. Pada tahun itu ada buku berjudul “The Twelfth Planet” karangan Zecharian Sitchin, seorang kelahiran Azerbaijan dan besar di Palestina. Setelah menyelesaikan studi di London dia kini tinggal di New York. Dia menterjemahkan tulisan yang telah berumur 6000 tahun dari bangsa Sumeria, satu bangsa kuno yang tinggal di sekitar Irak. Menurut tulisan itu pada awalnya bumi didatangi oleh alien yang disebut Annunaki dan berasal dari planet Nibiru. Annunaki menciptakan manusia untuk menjadi budaknya dengan memodifikasi gen primata. Annunaki kemudian kembali ke planet Nibiru. Pada tahun 2012 planet Nibiru akan memasuki orbit bumi yang menyebabkan terganggunya gravitasi bumi sehingga akan terjadi guncangan dan kehancuran bumi.

Apakah kiamat itu menurut pandangan agama? Dalam agama Islam dan Kristen gambaran kiamat hampir sama dimana bumi hancur lebur akibat terjadinya gempa bumi dasyat, jatuhnya bintang-bintang, matahari yang menjadi gelap dan musnahnya mahluk hidup. Sebelumnya akan terjadi penyesatan-penyesatan dan penderitaan bagi manusia. Setelah terjadinya semua itu akan ada pemisahan antara orang baik dan jahat (Mat 13:49). Manusia akan memasuki jaman baru (Mat 24:8). Kiamat adalah kedatangan Kristus yang kedua kalinya. Bangsa Maya pun mempunyai kepercayaan yang sama. Kiamat merupakan awal dari suatu jaman baru.

Kapan kiamat itu akan terjadi? Sudah berulang kali orang meramalkan akan terjadinya kiamat. Sebelum masuk tahun 2000 juga banyak orang meramalkan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun 2000. Orang ribut Y2K bug. Tapi ternyata terjadi apa-apa. Menurut kyai yang mengajar saya waktu kecil dalam pandangan agama Islam kiamat akan terjadi pada hari Jumat. Tapi tidak ada yang tahu kapan persisnya. Menurut iman Katolik, hanya Bapa yang tahu kapan hari itu terjadi (Mat 24:36). Kita hanya diminta untuk berjaga-jaga dan waspada. Teguh dalam iman dan bertahan dalam penderitaan.

Bagaimana bila 21-12-2012 yang kebetulan juga hari Jumat akan kiamat? Bagi saya sungguh menyenangkan. Seperti ketika sekolah dulu diberitahu oleh guru kapan ulangan akan diadakan. Saya akan mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh. Tapi bagi saya sangat memprihatinkan bila orang percaya, sebab kematian dan kiamat adalah misteri Allah. Itu adalah hak Allah yang tidak bisa diambil alih oleh manusia. Allah hanya meminta kita untuk senantiasa berjaga dan waspada sebab hal itu terjadi seperti pencuri di waktu malam. “Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar.” (Mat 24:43). Tapi bagi saya ada baiknya juga orang gencar membicarakan 2012 sebab dengan demikian semakin banyak orang diingatkan akan akhir hidupnya entah oleh kematian atau pun kiamat, sehingga mereka mau bertobat.

0 komentar:

Posting Komentar