Jumat, 15 Juli 2011

BERJUANG UNTUK KEBENARAN

“Berjuanglah mati-matian untuk kebenaran, maka Tuhan Allah akan berperang untukmu.” (Sir 4:28)

Di masyarakat kita kebenaran menjadi semakin membingungkan. Apa yang kita anggap benar ternyata dianggap salah oleh banyak orang. Seorang teman mengeluh bahwa dia berusaha jujur, tapi disalahkan oleh banyak rekan kerjanya bahkan dikucilkan, sebab di tempatnya bekerja ketidakjujuran adalah kebenaran. Carut marutnya negara kita sebab orang yang berusaha menegakkan kebenaran akan terlempar dan dimatikan. Orang yang sungguh-sungguh berjuang bagi rakyat hidupnya menderita. Akibatnya orang takut untuk hidup benar, sehingga ketidakbenaran menjadi berkuasa.

Sudah banyak contoh orang yang berjuang menegakkan kebenaran akhirnya hidupnya mengenaskan. Gandhi, Martin Luther Jr, dan lainnya mereka adalah pejuang yang hidupnya berujung pada pembunuhan. Jika demikian apakah kita akan menyerah dan membiarkan ketidakbenaran berkuasa? Edmund Burke seorang filsuf dari Inggris mengatakan bahwa kejahatan akan merajalela bila orang benar diam.

Kita harus memperjuangkan kebenaran meski banyak menghadapi tantangan. Yesus bin Sirakh memberikan peneguhan bahwa bila kita berjuang demi kebenaran maka Allah akan berperang bersama kita. Tapi sering kali kita kurang yakin akan pertolongan dari Allah, sehingga dalam perjuangan itu kita merasa sendiri sehingga menyerah.

0 komentar:

Posting Komentar