Rabu, 06 Juli 2011

TERANG DUNIA

“Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.” (Mat 5:14)

Ayat ini bila diputus pada kalimat pertama maka akan bisa menjadi suatu kesombongan sebab seolah kita akan mampu menerangi dunia. Tapi bila dibaca lengkap sampai kalimat kedua, maka menunjukkan peran lain. Bila kita melihat kota di atas gunung maka yang tampak hanyalah kelap kelip lampu. Bayangkan saja pada saat Injil ini ditulis dimana orang masih menggunakan lampu minyak yang tidak seterang lampu listrik. Tapi meski terang itu kecil sudah dapat menunjukkan arah kota itu berada.

Agama Katolik masih merupakan agama besar di dunia dalam hal jumlah pengikut. Tapi banyak orang yang diakui oleh Gereja sebagai umat Katolik sebab dia dibaptis secara Katolik, sedang sikap dan cara hidupnya belum menunjukkan kekatolikan. Untuk itu dibutuhkan sekelompok kecil umat yang setia dan mau mewujudnyatakan iman Katolik. Mereka menjadi seperti cahaya-cahaya kecil di atas gunung yang dapat menjadi arah kemana orang akan berjalan bila dia memasuki kegelapan. Kesaksian hidupnya menjadi tanda-tanda kecil tentang belas kasih Allah di dunia.

Saat ini banyak masalah disebabkan orang hidup dalam kegelapan. Kekerasan, ketidak adilan dan lainnya mewarnai hidup kita sehari-hari. Maka kita harus berperan menjadi sinar kecil yang mampu menuntun orang pada cahaya besar yaitu Allah sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar