Kamis, 07 Juli 2011

TERANG YANG MENERANGI

“Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga." (Mat 5:16)

Banyak orang melakukan perbuatan baik. Begitu ada bencana maka dalam sekejap ada ratusan orang dari berbagai tempat yang datang untuk menolong para kurban. Mereka rela selama beberapa hari meninggalkan aktifitas hidup sehari-harinya. Banyak pula orang yang rela membagikan waktu, harta dan tenaganya untuk orang lain setiap hari. Maka di Gereja ada banyak komunitas yang peduli pada sesama yang menderita.

Dalam melakukan pelayanan kepada sesama banyak orang berprinsip bahwa apa yang mereka lakukan tidak perlu diketahui orang lain. Tapi ayat di atas mengatakan yang berbeda. Yesus menghendaki agar orang melihat perbuatan baik yang kita lakukan. Tapi agar semakin banyak orang memuliakan Allah. Maka tujuan perbuatan baik tidak berhenti hanya sampai pertolongan pada orang yang membutuhkan melainkan lebih jauh lagi yaitu agar orang memuliakan Allah. Tujuan inilah yang sering dilupakan.

Perbuatan baik yang kita lakukan hendaknya mampu membuat orang yang menderita bersyukur atas belas kasih Allah yang diterima melalui kita dan orang lain yang tidak menderita pun mampu melihat masih adanya belas kasih Allah sehingga tergerak untuk melakukan hal yang sama. Perbuatan baik yang kita lakukan adalah kesaksian akan kehadiran Allah yang penuh belas kasih di dunia. Tapi hal ini bukanlah hal yang mudah.

0 komentar:

Posting Komentar